08 November 2011

Cerita Kemarin



Happy Tuesday all.
=)

Oh...Wiken sudah berkahir kawaaan, dan sekarang kita kembali ke rutinitas kita masing-masing. Ok, Mari menghela napas panjang bersama-sama...!
Heuuuuufft.

Ah ya, masih inget ceritaku soal niat pengen donor darah kemarin??? Apa.Lupa??
Huuu....*akutimpukpakeduit* =D
Kalo ada yang lupa, klik disini.

Jadi pertanyaannya, apa kegiatan donor darah kemarin sukses?? apa kemarin aku dibolehin dokternya donorin darah?? terus apa Raffi ahmad sama tante yuni shara bakal jadian lagi?? Loh!

Ok. Duduk-duduk...aku ceritain yaa

Seperti di tulisanku sebelumnya, ternyata oh ternyata instansi tempat aku kerja ultahnya sama denganku. Oh...Beruntung kah? Uhm, maybe. Sisi kerennya adalah betapa senengnya kalo ternyata ultah kita dirayakan dari sabang sampe merauke. Hebring ya?Hhehe. Tapi sisi gak enaknya adalah ketika dapet ucapan dari sahabat dengan di iringi doa tanpa kado yang isinya curhat soal kinerja instansi ku yang katanya jelek.(Heii...kenapa juga ngadu nya sama akuuu???!)

Ok, balik ke masalah donor darah. Tanggal 27 Oktober kemarin gak akan aku lupain seumur hidup. Pas tanggal segitu, acara donor darah di buka oleh manajerku. Seperti perkiraan, ternyata banyak banget yang ikutan, bukan cuma pegawai tapi juga rekanan yang juga kerja ditempatku.
Aku dan 4 temenku yang juga punya niat mulia ikut donor pun dateng ke TKP. Rada grogi juga siiih takut-takut gak keterima. Tapi mesti usaha dong ya, bahkan pagi-pagi tadi kami nekat beli telur ayam kampung buat dimakan biar kesehatan kita pada normal. Yup...kita emang niat banget.

Tapi apa mau dikata, baru berapa menit nyampe di lokasi, kami disuguhkan pemandangan bapak-bapak yang ditangannya ngalir darah seger keluar. Ngalir gitu aja looh...!!!
Langsung deh kita pada lemesss. Ternyata, bapak itu baru ngedonor dan bukannya langsung istirahat, ntu bapak malah nekuk-nekuk lengan yang bekas suntikan tadi. Hadeuuuhh...

Giliran kita-kita pun tiba. Satu persatu di tes tekanan darah. Dan ternyata 2 temanku tekanan darahnya rendah, jadi gak bisa ikutan. Nah waktu giliranku, aku doa banyak-banyak, berharap tekanan darah normal. Suer, kemarin bener-bener ngarep bisa ikut nge donor. Dan...
Binggooo!!!
Mungkin manfaat telur ayam kampung tadi kali ya. Tekanan darahku normal kawaannn...!! So surprise. Karna emang kayaknya tekanan darahku selalu rendah. =D
Yang lebih bikin deg-degan, dari kami berlima ternyata cuma aku yang boleh ikutan donor. Satu karna lagi 'dapet', dan yang satu lagi enggak enak badan!
Sebelum donor, ternyata mesti nunggu lagi. Dan lagi-lagi ngeliat darah yang ngalir lagii...
Oh God...jadi parno juga nih!

Then, setelah jempol hampir mo janggutan, giliranku tiba. Aku disuruh tiduran di dipan kecil. Terus tanganku ditarik, dan mulailah...jarum suntik mencari pembuluh darah. Ati sih masih tenang-tenang aja. Tapi pas liat jarumnya lebih deket, ya allah...kayak jarum kasur yak?ada bolong kecil. Jleb! Dan rasanya kayak digigit semut gede. Dan mengalirlah si merah sedikit demi sedikit, aku ngeliatnya cuma diem. Speechless...Ya allah, itu darah bikinnya berapa tahun... =(
(teteuup narsis)
Sedangkan temen-temenku lain sibuk motoin muka ku yang mulai pucat. Ditunggu lama, ternyata darahku emang ngalirnya lelet. Jiahhh..orang sudah pada bosen nungguin, dan tanganku mulai kesemutan. syukur mbak-mbak perawatnya ikut bantu ngehibur.

Gak lama, akhirnya kantong darahku penuh. Fiiuuuhh... Donor pun selesai, dan waktu jarumnya ditarik, Sakiiiit banget. Beda dengan waktu pertama ditusuk. Setelah donor, ternyata aku dapet sekotak kue plus duit! Ahaaiii...Enggak seberapa memang, tapi mayan buat traktir-traktir. Hhehe...

Dan, petaka itu datang. Kok kepalaku tiba-tiba puyeng ya? Aku pun cepet-cepet duduk, karna aku ngerasa mulai keringet dingin. Waktu duduk, sialnya dua mata ini malah ngeliat kejadian darah ngalir lagi dari salah seorang pendonor lain.
Gleekkk!
Enggak tau kenapa, mukaku langsung pucat. Puceeett banget. Dan semua langsung panik. Aku disuruh tiduran, tapi aku gak mau. Mbak-mbak yang jadi petugas sibuk nyarii minyak kayu putih dan ngolesin di sekeliling leher. Aku juga disuruh minum teh anget.

"aku baik-baik kok..." ucapku sambil minum teh anget. Tapi mereka masih panikan. Katanya mukaku putiih pucet banget-nget-ngett. Ya allah, malunya.

Syukuuur...setelah habis segelas (itu mah haus kayaknya -.-"), aku sudah lebih mendingan, wajah sudah merah lagi. Halah!
Dan aku memang baik-baik saja. Mungkin badanku syok mesti kehilangan banyak darah.Woalahhh...
Gak lama, mbak-mbak perawatnya ngetes darah yang aku donor tadi, biar tau jenis golongan darahnya. Sebenernya aku sudah tau jenisnya, tapi sapa tau aja sudah gede bisa berubah lagi.hhehehhe
Dan...Ternyata bener, darahku AB sodara-sodaraaa...!! Gak berubah ternyata*nepokjidat*
Katanya Darah AB itu langka, cuma 4% di dunia. Mesti senengkah aku karna berasa 'limited edition'??? atau justru merasa sedih karna merasa minoritas dan susah dicari kalo dibutuhin??

Gak Tau.
(kantong-kantong darah)
Yang pastiii, ternyata donor darah itu menyenangkan! Bukan karna abisnya dapet makanan atau duit sih,hehhehe. Tapi lebih dari itu kawan! Kata orang tua, hidup ini mesti bisa bermanfaat bagi orang lain, dan ya..aku gak mau tubuh ini cuma jadi daging yang berjalan, gak berguna. Darahku (entah sekarang ada dimana) semoga donorku gak sia-sia. Semoga bisa berguna bagi mereka yang membutuhkan. Aamiin.
=)


Enjoy this life !
With ♥,

32 komentar:

  1. Amiin..Smoga jadi berkah setiap sakit dan lelahnya di donor darah itu ^^

    BalasHapus
  2. saran aja kalau habis donor darah jangan langsung jalan,tiduran dulu sebentar supaya gak pusing atau mual

    BalasHapus
  3. hiiiiiiiii....
    aku paling takut jarum suntikk.......

    BalasHapus
  4. waktu bayi, Dija sering di suntik suntik Tante...

    dimasukin infus
    dimasukin darah
    dimasukin macem macem...

    BalasHapus
  5. your new follower was here,
    ditunggu kunjungan balik dan follbacknya ya..
    keep share, ^^

    BalasHapus
  6. haha jadi keingetan pas pengalaman pertama saya donor darah juga kemarin-kemarin. :D

    Darah saya juga sama, lama banget keluarnya, bahkan ampe kebalap sama yg disamping saya. :D

    BalasHapus
  7. Udah lama jg pgn ikutan donor darah Rez, tapi ya itu, ditolak terus (2x doang sih nyobanya, dan jd males nyoba lg, hiks)

    BalasHapus
  8. Donor darah .... salut deh ...krn saya blm pernah tuh...

    BalasHapus
  9. Limited edition wkwkwk...

    BalasHapus
  10. saluuuttt...
    aku malah belom pernah ikut ngedonor...
    mudah2an suatu hr nanti bs ikutan.

    BalasHapus
  11. Karena langka itu makanya berarti banget ya darah AB yg didonorkan... :)

    BalasHapus
  12. Ehmmm... aku sptnya takut deh donor darah... seremmmm.

    BalasHapus
  13. salut mbak,
    bersedia donor darah itu mulia banget...

    BalasHapus
  14. katanya donor darah bisa tambah sehat ya? aku kok masih takut ya.hihii

    BalasHapus
  15. kamu habis ulang tahun ya
    Selamat ulang tahun yaa ^^

    ih hebat berani kamu donor darah hehe aku mah masih hak berani :p

    BalasHapus
  16. Waaah.... sampe seumur gini aku blom pernah donor, hehe.. niat sih udah sering, tp selalu ditolak.. dari mulai karena berat badan ga cukup (terlalu kurus) sampe setelah gemuk pun masih ditolak coz tekanan darah rendah...
    so, congrats ya Rezka.. semoga setiap tetes darahmu jadi pahala yang mengalir.. amin

    BalasHapus
  17. Bener.. bahagia banget kalo kita udah ngelakuin sesuatu yang bakal berguna buat orang lain...

    kalo saya masih belum berani hehe.. *nyari cara lain buat berguna :)*

    BalasHapus
  18. Belum donor juga nih, Tapi entar orang yang terima darahku malah kurus kayak aku

    BalasHapus
  19. wiii neng octa donor...selamat ya
    si emak ini mah malah takutnya ama jarum yg dicucus tangan buat tahu golongan darah itu lho neng

    BalasHapus
  20. Donor darah itu muliaaa...

    Iya tinggal di Palembang ;)

    Wong kito galo, Rezka juga ya dimana Palembangnya...

    Blognya bagus, ajarin dong, beneran...

    BalasHapus
  21. gue belum pernah donor darah *mewek*
    alasannya bukan karna takut, tapi karna gue sadar gue seorang perokok aktif, jarang tidur dan belum pernah mencoba utk donor :D

    tapi tetap mencari cara lain untuk membantu sesama :)

    BalasHapus
  22. Selamat ulang tahun mba... *ehhhh..

    BalasHapus
  23. setetes darah yang didonorkan ibarat seberkas cahaya harapan kehidupan bagi yang membutuhkannya :)
    selamat ya atas partisipasinya sebagai salah satu pendonor darah :)

    BalasHapus
  24. Wih gue belum pernah donor tuh, tapi kalo ntar gue donor pasti gue histeris, 'itu darah gue mbak, itu darah gue! Gue bentar lagi mati!',. :D
    Gue gak bs ngebayangin kalo donor ngalirnya lambat gitu pasti bkal lama bgt nnggunya dan bersa sakitnya..

    BalasHapus
  25. hmm, saya ngga pernah ikutan donor darah. selain karena berat badan kurang melulu, tekanan darah rendah, dan saya ada asma. hik hik.. hidup memang harus berguna utk orang lain yah..

    lama ngga maen ke blognya ocha :)

    BalasHapus
  26. aku belum pernah. gimana ya rasanya... emmmmm

    BalasHapus
  27. asyik ya yg bisa donor, dulu pernah mw donor tapi blm kesampaian, dirimu dah jadi orang yg bermanfaat buat org lain :)

    BalasHapus
  28. Jempoll dehh... bisa donor ke orang laen, kalo Nay gak bisa karna gak memenuhi syarat -__- sedih

    BalasHapus
  29. jadi ingt dlu SMA,.. belain donor darah biar bisa bolos pelajaran Kimia,.. :))

    BalasHapus
  30. iya habis donor itu rasanya seneng banget. di dalem sini *nunjuk dada*
    cieee... :D

    BalasHapus

Silahkan berkomentar apapun. No Spam please! ^^