07 Juni 2012

#78. Melestarikan Batik


Bismillah

Ketika pelajaran kesenian di SD wali kelas menyuruh kami menggambar batik di buku gambar masing-masing. Kami yang memang belom ngerti soal batik pun pada nanya, "Batik itu apa sih, Bu??contoh gambarnya yang gimana?"

Saya masih ingat betul, waktu itu guru kami dengan sabarnya mengajari kami menggambar batik, awalnya kami disuruh bikin barisan kotak persegi yang sama besar, di dalam kotak itu lalu dibuat dua garis diagonal yang saling menyilang. Naah...di garis-garis diagonal itulah kami diminta membuat lengkungan-lengkungan sehingga menyerupai bintang-menurut Saya.

Membuat pola
Setelah semua kotak berbentuk bunga, kami pun bebas memberi warna-warna sesuka hati. Simpel ya?? Iya...dan saat itulah awal saya mengenal batik :)

pola yang sudah diwarnai. Aneh ya?
Sejak itu kalau ada pelajaran kesenian dan diminta menggambar batik, kami pun menggambar gambar yang sama tapi warna-warnanya yang dibeda-bedain. Dan kalau ada yang nanya ke saya motif batik yang bagus itu yang gimana, maka jawaban saya ya batik yang digambar waktu SD itu. Hehe..

Belakangan saya tau kalo batik itu banyak motifnya, menurut Yayasan Batik Indonesia sudah ada 2500 motif batik yang sudah terdaftar. Dua ribu lima ratus!! Gimana yang belom terdaftar??
Seni Indonesia kaya banget kan :)

Dan ternyata motif yang kami gambar waktu SD itu motif batik Kawung. Ini motif asli batiknya...beda jauh ya?
Motif batik Kawung
Mengintip ke website VoA, saya menemukan artikel menarik tertanggal 03 Mei 2012, tentang "Motif batik klub bola dunia, trend baru batik di Solo". Dijelaskan disana bahwa pengusaha batik di Solo mencoba menggabungkan motif batik tradisional dengan logo sepak bola di dunia yang terpasang disela-sela motif batik itu. Menurut Rahardjo (salah seorang pengusaha batik), motif batik klub sepak bola ini cukup diminati dan menjadi trend dikalangan masyarakat, apalagi logo yang dipasang merupakan logo klub bola ternama seperti AC Milan, Juventus, Barca (Barcelona), Manchester United dan sebagainya. 

Hasilnya?? Bisa dilihat, dengan adanya logo klub sepak bola itu kesan batik yang dulu identik dengan kesan formal, tua, atau kuno pun menghilang. Dan ratusan baju batik motif ini pun sudah terpajang cantik di Pasar Klewer maupun kampung batik di kota Solo. 

Motif klub sepak bola
Pintar! 
Itulah kata yang terpikir ketika selesai membaca artikel itu. Saya suka dengan ide menggabungkan motif batik dengan hal-hal yang disukai masyarakat. Tentunya hal ini membuat para penggila bola tertarik untuk memakai batik sesuai klub kesayangan mereka, terlebih lagi mayoritas orang indonesia kan memang penyuka bola. Bisa dibayangkan selain memberikan peningkatan penghasilan bagi pengusaha batik, dengan adanya motif ini batik yang sudah dikenal pun semakin merakyat dan disukai.

Kamu suka batik??
Sejujurnya saya dulu gak terlalu suka batik, pake batik kok berasa kayak emak-emak ya. Hehee...
Tapi semenjak batik dikukuhkan sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage) oleh Unesco tanggal 2 Oktober 2009, geliat peminat batik makin terlihat. Kalau dulu orang melihat batik hanya lewat kemeja atau baju seragam para Pengusaha batik pun berlomba-lomba menciptakan ragam barang unik dan menawan, mulai dari jaket, tas, topi, jok kursi, dan banyak lagi.  Bahkan tanggal 2 Maret 2010 yang lalu, PT. United Tractors meluncurkan traktor komatsu bermotif batik dan tercatat dalam rekor Muri sebagai traktor excavator pertama brmotif batik.

Traktor bermotif batik
Helm batik
Saya pun sedikit demi sedikit mulai suka batik :)

Ya, batik sedang mengalami masa kejayaannya sekarang. Namun, semakin kesini ada sedikit keraguan, batik boleh jadi menjadi warisan budaya dunia, tapi apakah batik akan terus diminati?? Ide-ide kreatif para pengusaha batik dan desainer yang terus menerus membuat terobosan terhadap kain batik perlu diacungi jempol. Tapi seperti yang kita tau selera pasar pasti akan terus berubah-ubah mengikuti perkembangan mode, dan bisa jadi peminat batik akan berkurang seiring berjalannya waktu. Lalu jika hal itu tiba bagaimanakah nasib batik nantinya?

Menurut saya kecintaan akan batik perlu ditumbuhkan sejak dini, salah satunya dengan memberikan pengajaran mengenai batik di sekolah-sekolah. Seperti cerita saya, awal saya mengenal batik yakni lewat mata pelajaran kesenian, namun itupun hanya sebatas menggambar di selembar kertas. Padahal jika dari sekarang anak-anak indonesia dikenalkan secara khusus dan menyeluruh soal batik, sejarahnya ataupun motif-motifnya, diharapkan akan tumbuh rasa cinta dan memiliki pada kain tradisional Nusantara ini, sehingga kerajinan kain batik bisa terus berkembang dan lestari. 

Karna kalau bukan kita yang melestarikannya, siapa lagi? Setuju? :)

Referensi:

Enjoy this life!

74 komentar:

  1. Seeetujuuu... saya juga suka batik.

    Keren banget itu traktornya motif batik xD

    BalasHapus
  2. masih sempat memakai batik tiap jumat dan sabtu :)

    BalasHapus
  3. gitu ya tahapannya.. keren deah aku taunya cuma beli dan pake , pembuatannya rumit tuh

    BalasHapus
  4. dulu belajar menggambar batik di SD gambarnya sama seperti itu juga loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..jangan-jangan qt satu SD nih mbak
      :P

      Hapus
  5. Bagus bngt non gambar2nya .

    BalasHapus
  6. wahhh... keren abis ya! helm ama alat berat di desain bermotifkan batik! baru pertama kali liat nih! bagus banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, saya baru ketemu juga kemarin
      :D

      Hapus
  7. batik jadi lebih meng Indonesiakan Indonesia ya, asal jangan kulit tubuh yang di batik ya, itu namanya tato, hehehe :D
    sukses ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahh...kalo bang stumon bikin tato batik kabarin yaa
      :P

      Hapus
  8. keren..suka motif bolanya^^

    BalasHapus
  9. aku jamin mbak, meski kelak peminat batik berkurang, tapi tetep ada yg akan setia memakai batik. Siapa mereka? para PNS tentunya. :)

    aku suukkaaa batik. Karena memang batik khas Indonesia. ^_^
    Kalau enggak salah, ada jga mobil motif batik. Mobilnya Piyu-Padi bukan ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti mobilku juga lo Nhaa...
      aamiinnnn...
      :D

      Hapus
    2. amin.
      ^_^

      sekalian sist, rumah batik. Kayaknya keren.
      hayoo, apdet tulisannya man?
      hehe..
      :P

      Hapus
  10. motif batikkawung itu juga dulu pernah kubikin waktu SMP... dulu sering disuruh bikin kayak gitu juga waktu mata pelajaran Kesenian.. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. motif it brarti yang paling merakyat y nuel
      :)

      Hapus
  11. Setujuu. Aku suka batik. Jadi ingat pas SD, sama aku juga disuruh gambar gitu pas pelajaran gambar.
    Iya Batik bola lagi ngetrend sekarang, do Jogja juga banyak :)
    Ayo, lestarikan batik dan banggalah menjadi warga Indonesia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, banyak banget wur
      motif yang baru juga banyak :?

      Hapus
    2. Makin beragam aja nih, kreatip bener yang bikin :) Idenya ada aja :D

      Hapus
  12. helm batiknya unik..pengen carii ahh :)
    walaupun nanti selera pasar berubah, tapi kita sebagai orang Indonesia harus selalu senang menggunakan batik :)

    BalasHapus
  13. aku juga suka batik.. apalg skrg baju batik byk yg modis, jd makin cinta budaya sendiri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iy mbak, baju batik sekarang cantik-cantiiik
      :D

      Hapus
  14. Traktor Batik, helm batik aku belum pernah nemu dek :)

    HHhmmm, iya sekarang memang batik makin meluas, tidak hanya untuk pakaian saja yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. unik ya mbak,
      sekrang batik makin merakyat
      :)

      Hapus
  15. kyaaaa bener banget itu keterampilan waktu gw SD haha pake buku gambar gede sama pencil warna =P

    dan sempat juga nemenin cewe buka stan batik. dari situ lah tau seluk beluk motif batik dsb.
    lstarikan batik tak hanya sebagai kewajiban di pakai pada hari jumat di perusahaan dan sekolah-sekolah atau cuma di pake buat kondangan juga. kaos aja sekarang ada yang motif batik. bahkan koko.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep. sekarang batik udah terlihat dimana-mana
      semoga strusnya batik bisa jadi salah satu baju wajib ya
      :)
      eh...cewekny masih buka toko batikny?

      Hapus
    2. ngga waktu itu cuma magang lapak dosennya..

      Hapus
  16. ooo yang dulu diajarkan di SD itu namanya batik kawung, hihi baru ngeh.. sekarang batik bola udah menjamur bukan cuma di Solo tapi juga di Jakarta udah buanyak banget, di jual di pusat perbelanjaan maupun online, perpaduan yg seru antara budaya Indonesia dgn Club kesukaan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga baru tau mbak kalo motif itu ada namanya..hehe
      eh, brikutnya gabungan motif apa lagi y mbak? :D

      Hapus
    2. apa yaa... hmmm manga mungkin hehe

      Hapus
  17. Ka, kok sama ya, aku juga dulu waktu SD diajarin nggambar batik kayak gitu. Apa semua guru dikasih ilmu yang sama yaa?

    Kalo aku suka2 aja sih sama batik, selama modelnya bagus ya aku suka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..
      sama ya mbak, atau guru kita nih yang samaan?? :D
      sekarang model baju batik beragam dan cantik-cantik, dkantorku juga yang pake banyak...udah kayak fashion show
      :P

      Hapus
  18. wah ini lomba sepertinya nie, heheh. sukses mba ya. heheh, tapi saya setuju klo batik itu menarik, walau mba tadinya ga setuju jadi stuju. saya ud stuju dulu, dan yang gambar awal, ehm, jadi teringat kisah sd dulu yang memang mengambar batik seperti itu, heheh, tapi ane males malesan waktu itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhehee..iya, tau aja niih
      jadi skarang pecinta batik dong? :)
      saya juga males-malesan dulu, apalagi bentuknya itu-itu melulu
      :P

      Hapus
    2. koment lagi ah, memberi dukungan supaya menang. heheh, iya ane juga suka sekarang batik. dulu, ehm, sebenarnya waktu SD si males klo make batik, ga keren. heheh, tapi saya suka sekarang. apalagi ud pada bagus bagus lagi. mantap jadinya

      Hapus
  19. hha
    demi apa...
    helm batik?
    Wah. inovasi banget :)
    gak pernah liat di kota saya...kayaknya bakalan menarik klo ada yang buat disini.
    Dan sy niat beli batik lagi habis ini. #ssttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. uchaank,beliiin juga dong, hahaa... :D
      keren ya, saya juga mau kalo ada helm itu
      :)

      Hapus
  20. Saya juga suka memakai baju batik.

    BalasHapus
  21. aku juga rajin membatik
    di bantal tapinya
    hehe pisss

    BalasHapus
  22. i like batik dan selalu memakainay buat kerja dan main...

    BalasHapus
  23. Menggambar kotak dengan ukuran yang sama. Lalu silangkan garis antara dua sudutnya. Lalu, menggambar motif "bintang" nya. Kalao kotaknya dikit, bagus. Nah, kalau kotaknya banyak? Kebayang bosannya... :D
    Bagaimana dengan mereka-mereka yang menggamba motif batik yang asli ya. Sungguh butuh ketekunan dan kesabaran. Pasti sudah terlanjur cinta ma batik ya mereka.
    "Kalau bukan kita yang melestarikan? Siapa Lagi? Setujuuu?" Setujuuuuuuuu..!! :D

    Btw, sudah ngoceh panjang lebar, sudah kenalan blon ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayakny belom,
      kenalkan...octarezka,panggil Ka saja *jabattangan*

      gak kebayang sama yang bikin batik itu, mesti bener-bener rajiiin..dan bukan saya banget! :P

      Hapus
    2. kenalkaaaan.. Arya. Panggil saja Rangga.
      Wuahahaha..

      Hapus
  24. yuhuuu saya suka batik apalagi batik gratisan. dan kainnya yang halus gituu walaupun gak necis cuman nayaman dan enak.
    yah walaupun enggak terlalu cuman sukaaaa

    BalasHapus
  25. keren... smpe pada traktor pun di beri sentuhan batik....

    ad yang bagi2 batik gratis gk yah???? heheheh


    mbak dtnggu knjungan blik + Follbacknya jg yah.... sya follower ke 256 Blog mbak...

    salam

    catatan si chumhienk

    BalasHapus
  26. batik dengan logo sepakbola itu menyenangkan. .:D

    menggaet kawula muda yang doyan bola..

    mungkin kemudian akan muncul batik dengan gambar kartun.. :)

    BalasHapus
  27. Iyaa waktu SD pernah disuruh 'membatik' gitu jg hihihi..

    eyampun aku baru tau lho Rez ada traktor batik, jadi unyu2 ya :P

    BalasHapus
  28. saya seneng pake apa saja, batik apalagi... :)
    melestarikan budaya sendiri tentu suatu kebanggaan kan?

    BalasHapus
  29. Batikan dubang? Gue suka mbak tik, dia cantik! Anaknya pak susilo, kan? #§ablenk

    BalasHapus
  30. Hihi... waktu SD sy jg ada pelajaran gambar buat batik macam gambar diatas mbak. lucu jadinya. kalau sy pribadi entah suka skali pake baju batik. apalagi skr modelnya mengikuti selera pasar. seru.... jadi banyak pilihan.

    BalasHapus
  31. aku blum prnah membatik seh..tpi skrg udah mlai suka batik.
    wktu dulu, batik dipke ama bpak2 dan ibuk2. tpi skrg, ank muda dh bnyak pke batik. motifnya pun beragam..

    BalasHapus
  32. batik adalah milik kita dan kitalah memang yg harus melestarikannya....
    :)

    BalasHapus
  33. waktu SD aku jg pernah nggambar batik kek gt loh.. hehe..
    aku pencinta batik, 'n aku seneng batik dah berkembang pesat. Bkn lagi identik dgn org2 tua ato acara2 resmi aja. Tp batik bisa dipakai dlm segala suasana..

    BalasHapus
  34. mantapp tuh bisa di helm juga :)

    BalasHapus
  35. Wiii keren2 ya? Gurunya sabar amat ya mengajarkan menggambar batik? :)

    BalasHapus
  36. wah keren juga tuh traktor dan helmnya..

    BalasHapus
  37. postingan yang bagus :)
    jangan lupa follow dan visit juga http://jomblo-karatan.blogspot.com

    BalasHapus
  38. btw.

    dari dulu kok batik ntu motifnya gitu ya?
    kotak, trus disilang, trus jadi kyk kembang.
    ahihihihi

    BalasHapus
  39. kaaa... main yuk :D *hahaha

    BalasHapus
  40. Wew...
    Mau dong helm batiknya :)

    Salam kenal mbak :)
    Saya juga pecinta batik.
    Tiap Jum'at dan Sabtu pakai baju batik terus ^^

    BalasHapus
  41. helm batiknya keren banget tuh

    BalasHapus
  42. bicara ttg budaya, memang ga ada habisnya negara ini, syg tidak semua masyrakatnya peduli, bahkan cenderung merendahkan bangsa sendiri..

    BalasHapus
  43. helm batiknya keren. jadi kepengen >,<

    BalasHapus

Silahkan berkomentar apapun. No Spam please! ^^