15 April 2011

Iler-ileran

Jam berapa sekarang???
Kalo ditempatku jarum jam lagi nongkrong di 10:42 WIB, uhmm...bentar lagi makan siang, ngomongin makanan yuk!! :D

Okeh. Gak tau kenapa, hari ini aku mo nulis tentang makan-makanan. Eh tapi sebelumnya, maaf banget buat kalian yang waktu baca postingan ini lagi ada yang puasa, mungkin kalian bisa siapin tisu atau sapu tangan buat lap-lap ences. Hehe...

Mo bahas makanan apa sih, Ka?
Lumayan banyak! Hari ini aku mo berbagi soal makanan khas dari kotaku, Palembang. Udah pada tau dong makanan khas nya apaan??
Betul. Pempek!
Wait a minute, gak cuma pempek, makanan khas di Palembang itu banyak loh mulai dari kudapan hingga masakan, dan semuanya itu Top Markotop, Yumilah Yumiwati, ueeeennak banget! Beneran. Aku review beberapa ya...

- Pempek
Udah tau dong pempek itu yang pegimane. Dan kayaknya hampir di tiap kota, pasti ada warung/toko makan yang menjual pempek. Menurut sejarahnya, pempek telah ada di Palembang sejak masuknya perantau Cina ke Palembang, yaitu di sekitar abad ke-16, saat Sultan Mahmud Badarudin II berkuasa di Kerajaan Sriwijaya. Katanya, nama empek-empek atau pempek diyakini berasal dari sebutan “apek”, yaitu sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina.
Jenis pempek itu banyaaakk banget, dari mulai pempek lenjer, pempek adaan, pempek kriting, pempek pastel, pempek telor, pempek panggang, pempek lenggang, pempek kapal selem..*capek nulisnya*. Udah pada nyicip semua jenisnyaa???
Jenis pempek - gambar di caplok dari sini

1.Pempek pistel - pempek yg isi nya parutan pepaya muda
2.pempek kulit ikan
3.Pempek tahu
4.Pempek keriting - ni yang paling aku demen.
5.Pempek lenjer
6.Pempek telor. Isinya telor, kalo ukurannya besar lagi namanya Pempek Kapal Selam
7.Pempek adaan

Jenis lain masih ada, dan enak-enak semua.

-Model dan Tekwan
Eh...model itu jenis makanan loh...bukan nama pekerjaan. Nah..buat yang satu ini, aku demen banget dah makannya, apalagi kalo lagi hujan atau dingin-dingin, dimakan anget-anget.Sllrpp ...*lapences*
Model
Bahan utama pembuatan model ini sama seperti pempek yaitu berupa ikan dan sagu. Namun pada model ditambahkan pula tahu putih yang lembut sehingga membuatnya khas. Bedanya dengan pempek, Model disiram dengan kuah yang gurih-gurih enak. Terus ditambahin irisan dadu timun, jamur kuping, dan udang kering. Dimakan pedes-pedes. Makyus!*lapenceslagi*

- Celimpungan dan Burgo
Celimpungan, sama kayak pempek cuma beda di bentuk dan kuahnya doang. Bentuk celimpungan itu bulat besar dan pipih, dengan kuah santan yang dicampur bumbu gurih, dimakan dengan dicampur sambal goreng.
Beda dengan Burgo, makanan khas palembang yang satu ini gak pake bahan ikan, tapi dibuat dari tepung beras & tepung sagu. Bentuknya juga irisan kulit dadar, di makan dengan kuah santan. Enaaaakk...!
Celimpungan

Burgo
Okeh...itu beberapa, skip langsung ke masakan khas yookk..
- Pindang Ikan
Nah...Pindang itu masakan berkuah yang khas dari Sumatera Selatan. Jenis Pindang juga macam-macam, ada Pindang Tempoyak (dicampur dengan tempoyak), Pindang Meranjat (Meranjat itu nama daerah di Utara Palembang), Pindang Musi Rawas (Musi Rawas nama daerah di timur Palembang), dan banyak lagi.
Semua masakan Pindang itu berbahan ikan, dari mulai ikan Patin, Baung, Gabus..eh, ikan Hiu juga bisa kok! Hahaa...
Yang paling enak itu Pindang Patin yang di kasih tempoyak. Tau dong tempoyak?? Yup! Durian yang difermentasikan. Rasanya nendaaang! apalagi kalo dicampur kemangi dan rawit. widiiihhh...*ambiltisubarulapenceslagi*
Pindang Patin Tempoyak
Pindang Gabus

Bolu 8 Jam
Okeh. Lanjut ke Dessert, aku punya kue yang manis-manis kayak aku.
Kue di atas namanya Bolu 8 Jam. Kenapa dinamai 8 jam, yaaaa karna emang di masak selama 8 jam. Iya, 8 jam cuyyy...lama banget kan??! Tapi hasilnya bakal bikin lidah goyang dombret. Asli enak! :)

Kue Srikayo

Kalo gambar kue di atas namanya kue Srikaya atau Srikayo (sama aja sih), ini kue manisss banget dan terbuat dari tepung beras. I'd love it! Karna manis, eneg jg sih kalo kebanyakan :P

Well, segitu dulu ah...masih banyak sih makanan enak lain. Nantilah disambung lagi...Kalo ada yang pengen resep-resep makanan di atas, klik aja link di bawah ya!
- Resep Pempek
- Resep Model & Tekwan
- Resep Burgo
- Resep Pindang Ikan Patin Tempoyak
- Resep Bolu 8 Jam
- Resep Kue Srikayo

Selamat mencoba...!!! *kirimin aku yaaa kalo dah jadi*
:D

ps : Gambar di angkut dari berbagai sumber


Enjoy this life !
With ♥,

19 komentar:

  1. oooiii tanggung jawab aku ileran niiihhh... aku pengen coba yang model dan ikan ma tempoyaakkknyaaa...

    BalasHapus
  2. hai mba, beneran iler ileran nih sampe ngiler liat makanannya, hehehe lengkap lagi sama resep2nya, tapi aku ga bisa masak mba...kapan2 boleh ya mba nyicipin??? haha

    BalasHapus
  3. @me aishi hayo mb dicoba resepny...
    :D

    @Nadia Meutuah ke palembang yuk mb, nanti aku ajak kulineran :D

    BalasHapus
  4. hwa...kangen pempek....
    walo bukan orang sumatra, tapi aku pernah lho dibawain temen kuliahku yang dari lampung... duh, jadi terharu dibawain dlonjoran gedenya kayak pentungan...
    pas nyium baunya amit2 deh... tapi pas digoreng, gila sedep banget... so cihuy rasanya....

    BalasHapus
  5. jadi pengen makan pempekkkk...;pp

    BalasHapus
  6. wah tega nian.... gw baru pulang kampus belon makan eh disodorin gambar pempek.... huhuhuhu....untungnya di daerah gw, banyak banget yang jualan pempek... hehehe

    BalasHapus
  7. Kalo aku ke Palembang (gak tau kapan, hehehe) dianterin jalan-jalan wisata kuliner yah. Eh siapa tau tuh...

    BalasHapus
  8. Jiaaahhh Rezkaaa...
    Aku mau pempeknyaaaa
    #sambil lap nces.

    Temanku satu kantor ada anak palembang, pernah ngajak maen ke kost2annya dan disuguhi pempek sama tekwan. Yummyyy.... nyam nyam nyam...

    BalasHapus
  9. Wah pempek yang disini pempek telu sama kentang murah seceng udah dapet,,,,,(gak nanya)hehehehehe

    BalasHapus
  10. Saya penasaran dgn pempek UEDAAN... Edan ithu k-lo bhsa Jowo artinya = ...

    Mungkin Mbak okta bs jelasin, knp namanya pempek EDAAAN, knp ga pempek waras ajja....jihehehee....

    BalasHapus
  11. @Aina awalny amis tapi kalo dah digoreng, wiih mantep kan ya
    :D

    @Miss Nea Muslimovic hehe...
    :P

    BalasHapus
  12. saya bacanya dini hari.....makin kriuk2..dan ingat ibu saya...dia kalau masak makanan palembang jagonya...ya iyaalah dia orang palembang...hmmm

    salam :)

    BalasHapus
  13. Dari daftar di atas, yg paling aku suka Tekwan, Rez. Sok kalo mo ngirim mah *plaaaak* hihihihi

    BalasHapus
  14. lemaknyo ooh... kucari hari ni itu.. :p

    BalasHapus
  15. Assalamu'alaikum...

    Darling,,widihhhh,judulnya aja dah kejam gitu..pantes isinya aja begini,hahaha

    Eh..ntar kopdaran yuuukkk? Aku minggu ke 2 mei ke palembang..Yok kita kumpulin blogger yg mau kopdar,hehehhe..ym me,ok? Kavie_rd@yahoo.com

    BalasHapus
  16. burgo???
    belom pernah tau tuh
    kayaknya enak yaaa

    BalasHapus
  17. enak tuch kayanya, laper....

    BalasHapus
  18. Judulnya lucu :D hehehe, iler-ileran. Tapi postingannya keren...

    BalasHapus
  19. empek2 kesukaan gw banget. jd kangen empek2 buatan nenek

    BalasHapus

Silahkan berkomentar apapun. No Spam please! ^^