12 Januari 2013

Ketika Kita Harus (Memaknai) Kehilangan


Bismillah

Ketika SMA, ada tontonan serial favorit saya. Serial barat yang menceritakan tentang kemampuan seseorang dalam menemukan orang atau barang yang hilang. Jadi, atas kemampuannya tersebut jasanya pun sering dibutuhkan untuk membantu polisi bahkan organisasi FBI. Hmm...saya lupa judul filmnya apa, 'Missing' kalau gak salah. Barusan liat di google ternyata banyak film dengan judul yang sama, sayang masih belum ketemu film mana yang saya tonton waktu itu :(

Yang pasti, karna film itu saya jadi kebayang gimana kalau saya punya kemampuan seperti itu, Nah looh! Bakal keren kayaknya, Hehee..

Siapa sih yang belum pernah merasa kehilangan? Kayaknya semua pasti pernah ya. Entah itu kehilangan barang atau seseorang yang disayang. Saya gak percaya kalau ada yang belum pernah kehilangan, sekecil apa pun itu :)

Kalau soal kehilangan, saya mungkin yang paling sering bermasalah. Penyakit suka lupa letak barang dimana+suka gak konsentrasi-lah yang bisa jadi penyebabnya. Beberapa kali saya kehilangan barang-barang yang padahal sebelumnya barang itu saya liat dan pegang. Kalau sudah begitu, kadang-kadang saya suka kesal sendiri sambilan mikir "Kok bisa yaaa" #garuktanah

Yang terparah beberapa waktu lalu saya pernah kehilangan dompet. Ya, dompet sodara-sodaraaaa!!! #teriakpakemic
Waktu itu lagi ada acara dengan teman-teman kantor di salah satu tempat karaoke di Palembang, karna gak bawa tas kecil dompetnya pun saya pegang-pegang aja. Pedenya sih dompet itu gak bakal lepas dari tangannya saya *takaburbanget!*

ketika pulang saya sempetin dulu ke WC sebentar, nah mungkin karena emang bukan rejeki saya, dompetnya malah ketinggalan di WC. Sadarnya ketika mau bayar ke kasir, buru-buru saya balik ke toilet dan.....dompetnya udah gak ada. Langsung saya lemes seketika. SPEECHLESS. Keringet dingin gak karuan.

Isinya emang gak banyak, hanya saja identitas-identitas diri ada di dompet itu. Kebayang kan gimana ribet ngurusnya lagi, mesti laporan ke polsek dan lain-lain :(

Setelah di cari dimana-mana hasilnya pun nihil, dompetnya udah gak ketemu. Mungkin sudah ada di tas siapa dompet saya waktu itu. Saya gemesnya bukan main! Waktu itulah saya jadi kepikiran pengeeeeeen banget punya kemampuan bisa menemukan barang yang hilang, mungkin saya bisa menemukan dompet saya sendiri :{

Nah kemarin kejadian barang hilang juga terjadi dikantor, ceritanya ada salah seorang rekanan/kontraktor yang ngadu kalau jasa nya belum dibayar. Ketika di cek ternyata berkas pengajuan tagihannya enggak ada di bagian kami (Keuangan), padahal beliau sudah ngajuin penagihan dari bulan Desember kemarin.

Hmm...sedikit bocoran ya ditempat saya kerja untuk pembayaran tagihan-tagihan, berkas tagihan yang masuk mesti melewati banyak tahap sebelum akhirnya dibayar. Data berkasnya mesti diinput dulu disistem, terus di acc atasan, diverifikasi dan barulah terakhir dibikinin daftar bayar. Dan saya itu ada itu posisi terakhir :)

nah setelah ditelusuri ternyata berkasnya itu sudah hampir proses akhir, yang berarti seharusnya berkasnya itu sudah ada di saya, naaah...nyatanya si berkas itu sama sekali gak ada di meja saya dan saya juga belum pernah tuh lihat si berkas mampir-mampir di meja saya. Alhasil, 2 hari kemarin saya mumet gak karuan gara-gara si berkasnya hilang, karena secara gak langsung saya di anggap sudah ngilangin berkas tagihan :(

Semua ruangan sudah kami bongkar, dari mulai meja saya terus lanjut ke seluruh meja+laci+lemari yang ada di ruangan, meja-meja bos, sampai semua arsip dalam map-map ordner yang jumlahnya bejibun pun di cek ulang. Namun hasilnya nihil. Di cek di ruangan seksi lain juga sama, BERKASNYA GAK ADA. Supervisor saya jadi pusing, satu ruangan pun dibikin puyeng gara-gara si berkas yang gak juga ketemu. Saya juga sudah doa macem-macem kemarin, semoga berkasnya cepet ketemu. Karena pada dasarnya berkas gak ketemu itu berarti KREDIBILITAS seksi kami bakal dipertaruhkan! #tsaaah

Sekali lagi saya pun jadi kepikiran pengen punya kemampuan yang bisa menemukan barang hilang, siapa tau berkasnya bisa mudah ditemukan.

Jadi, berkasnya beneran gak ketemu Ka??

Awalnya iya, sampai siang tadi syukur alhamdulilah berkasnya ketemu di salah satu lemari di ruangan. Wah, semua pada seneng dan nge-PLONG! nama saya juga jadi bersih lagi *emangkotor?*
Akhirnya 'the most wanted' berkas sudah ditemukan, padahal hampir aja supervisor kami mau ngajuin sayembara. Hehee... :D
Kasus pun ditutup! *ketokpalu*

Kalau kehilangan orang saya juga pernah ngalaminnya, yaitu ketika kehilangan mama yang sudah pergi duluan ke surga. Nah, kalau yang ini kemampuan seperti apa juga gak bisa mengobati kehilangan yang satu ini, karena ini menyangkut kuasaNya :)

***
Kalau ngomongin soal kemampuan menemukan barang, mungkin banyak teman-teman yang mau punya juga, ya kan? Hehee...

Tapi secara pribadi, saya sadar kalau di setiap kehilangan yang saya-kamu atau kita rasakan ada maksud indah yang ingin Tuhan ajarkan. Ia ingin saya belajar untuk lebih menghargai dan menjaga setiap hal yang saya punya selagi itu semua milik saya, karna sangat mudah Tuhan memberi dan lebih teramat sangat mudah jika Ia mau mengambilnya kembali. Semua milikNya, saya hanya diberi amanah untuk menjaga dan selagi masih jadi amanah saya, saya mesti jaga baik-baik hingga ada saat dimana Tuhan mengambilnya kembali.

Orang bilang, "you don't know what you have, till it's gone (Kita tidak tahu apa yang kita miliki sampai sesuatu itu hilang dari kita)". Bener.

Namun kadang-kadang sebenarnya "we knew what we have, we just never thought you'd lose it (kita tau apa yang kita miliki, hanya saja kita tidak sadar kita akan kehilangan)"
image google
hmm...saya rasa ceritanya segini dulu. Semoga enggak ada kejadian kehilangan-kehilangan lagi, kalaupun ada semoga ada paket sabar+pengertian yang besar dari Tuhan untuk kita :)


Enjoy this life!

36 komentar:

  1. Gua senyum2 sekaligus gemes sendiri baca post yg satu ini. Gua pernah ngalamin kehilangan barang dan rasanya...persis seperti yg lu tulis. Gua pengen banget tiap barang tuh punya GPS jadi gua bisa tau siapa orang brengsek yg ngambil tu barang hilang. Soalnya gua pribadi sih, kalo nemuin barang hilang, selalu gua balikin ke orangnya. Full, apa adanya. Karena gua tau banget gimana rasanya kehilangan...

    Dan ya, gua suka pesen moralnya =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..gps ya
      saya malah pengenny tiap barang punya telepon, jd bisa d telp
      #ngaco
      btw, saya jg suka balikin barang orang yang ilang, dan ketika barang saya ilangd an gak kembali kadang suka mikir, mungkim kbaikan kmarin dbalas oleh tuhan di surga nanti :D

      Hapus
  2. rasa kehilangan yg teramat sangat yg aku rasakan itu saat aku hrs kehilangan ibu dan ayahku sob..

    ampe nangis aku sob..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm...maaf saya malah bikin sedih :(

      Hapus
  3. Bener banget

    AKu juga ngalamin.... Bukan kehilangan juga sih sebetulnya (secara harafiah), tapi monitor notebook-ku rusak... Gak bisa dipake lagi... alhasil harus pake monitor PC di rumah yang gak kepake lagi, sembari nunggu dapet rezeki.... hehehe... Dan sejak saat itu, mulai perhatian sama si lappy....

    Plus juga sama waktu hapeku hilang di bus dulu.. Atau waktu dompet jatuh di jalan... Sejak itu, jadi lebih hati2 aja bawa barang...

    Nice post, Ka.... Very inspiring indeed

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang namanya keilangan slalu bikin sakit ati y
      hohooo
      saya juga pernah khilangan hape
      #keilanganmulu'

      Hapus
  4. aamiin..

    kalo kata lagunya westlife, you can't lose what you never had..

    hakikatnya, kehilangan sesuatu adalah sebuah syarat bahwa kita sedang diuji, akankah kita siap mendapat pemberian yang lebih dahsyat dan cetarrr membahana dari yang sebelumnya dititipi pada kita? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wohoo..
      pens mbak syahroni y
      #eh
      :D
      iy mbak, siapa tau ketika di ambil kita bakal dapet yang baru dan lebih baik
      tks mbak diniii :D

      Hapus
  5. Hhmm..kalo komenku ntar ilang gak yak?? *penting apahh?* hihihi...

    Kalo gak salah udah bener 'missing' deh Ka, tuh cewek ya kalo ga salah pemerannya *ikutan nginget2 dengan ingatan yang rapuh* hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak bener...pemain utamanya perempuan
      apa ya judulnya, pengen cari kasetnya,
      huhuuu..

      komentarnya gak ilang tuh mbak
      :D

      Hapus
  6. Hehehe duuh aq senyum2 baca curhatmu ini Ka :-) Yah, namanya manusia yg namanya lupa ntuh wajar.. Cuma kalo berkas penting yg terlupakan oleh kita, org2 susah buat mengerti kalo itu wajar yg ada qt dianggap gak teliti, gak fokus, gak konsen, gak profesional hehehe Hmmm.. Apapun kata org, yg penting next hal seperti itu jgn sampe terulang lg.. *edisi sok bijak :-P

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahaha...edisi sok bijak,
      edisi sok baik hati mau traktir saya ada kan za?
      :P

      Hapus
  7. hihihi, pernah malah berkali kali untuk masalah kehilangan. satu kesimpulan tentang kehilangan, bahwa dalam harta kita itu terdapat hak orang lain.
    ini beneran terjadi, biasanya aku suka beliin temen temen apa kek walau kecil pernah 2 bulan enggak sama sekali leh malah ilang gede. jadi kalau kehilangan (barang) coba deh sering sering sedekah i.allah kehilangan bisa di minimalisir
    ini udah aku coba dan it's work kak
    kalau kehilangan sosok, yah itu yang harus dipelajari :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehm..minimalisir pake sedekah, bisa juga sih nash
      tapi kalau saya sedekah-sedekah aja..kalau ternyata ada kehilangan mungkin dr saya nya yang salah
      :)

      Hapus
  8. suka mikir keras ya kalau kehilangan, mengingat2 dimana tertinggalnya

    BalasHapus
  9. wew, kita semua bakalan ngalamin yg namanya kehilangan kan ???
    jadi kudu belajar gimana cara menanggulanginya ya :D
    tapi, paling susah kalo udah kehilangan stupid monkey lho, hehehehe :p

    BalasHapus
  10. nice Quote (yang kedua).
    aye comot juga yah
    ;)

    BalasHapus
  11. susah juga kalo seirng kehilangan ya
    aku juga pernah tuh kehilangan dompet. waktu ke toilet, dompetnya diletakkan di salah satu sisi toilet, trus ketika keluar.. lupa gak bawa dompetnya. mana toilet umum di puncak gunung lagi, di bumi perkemahan yang rameeee....

    sadarnya pas waktu malem... mau balik ke toilet, takut banget, karena gelap. pas paginya dicari.. udah raib

    lemesnyaaa....

    alhamdulillah sorenya ada yang nganterin,
    bener bener alhamdulillaaah

    BalasHapus
  12. Assalamu'alaikum, jika bicara kehilangan maka tersembunyi hikmah di sela-selanya. Lucu sekali ketika membaca tulisanmu yang ditambahi bumbu seperti ini ---> #garuktanah #teriakpakemic *takaburbanget!* #tsaaah *emangkotor?* *ketokpalu* <--- haha, bikin senyum geli. Namun juga bikin sedih ketika Ibu kamu yang terukir dalam daftar "kehilangan" kisahmu. Titip Al-Fatiha untuk beliau...

    Salam Kenal, mba Octa Rezka.

    BalasHapus
  13. Wah kalau sampai hilang dompet tuh bikin ketar-ketir... karena semua kartu2 penting ada disana kan? Soalnya, dompetku isinya ATM, KTP, SIM dll... yg rasanya lebih penting drpd uang yg ada didalamnya (coz aku gak pernah nyimpen banyak uang di dalam dompet hehehe)

    BalasHapus
  14. yang kehilangan dompet gak kehilangan semangat ngeblog kan? Ayooo ngeblog lagi :)

    BalasHapus
  15. kalau pas lagi menjalanakan puasa lumayan tuh. karena kelupaan minum es teh sampai dua gelas he..he..
    Lupa itu wajar kak

    BalasHapus
  16. caranya.. berkenalan dengan hati kita terlebih dulu :)

    BalasHapus
  17. waduh, emang bikin nggak bisa tidur kalau kehilangan dompet. saya juga pernah tuh kehilangan dompet di bandara.

    BalasHapus
  18. gua pernah kehilangan hape, laptop apple ancur kebanjur air, hahaha..sial dah pokoknya..tapi sekarang moga2 gak sial lagi..sejak sering beribadah hehe..

    Regards
    -venomia-

    BalasHapus
  19. Hari ini, sy bahkan kehilangan hal yang sangat berharga... kucingku, ia pergi untuk selamanya :'(

    BalasHapus
  20. Kalau ngomongin tentang kehilangan entah itu makhluk bentuknya kaya gimana, nyata tapi nggak ada. Yaiyalah yang nyata aja pasti bakalan hilang suatu saat nanti #tsaaah... yang pasti bentuk makhluknya nggak kaya dompet apalagi selembar berkas :D

    BalasHapus
  21. pengen semuanya ditempelin magnet, ajdi kalo barang yang biasa ada di deket kita kemudian ngilang, tinggal arahin biar magnetnya nempel..

    Apakah tulang rusukmu yg ilang udha ketemu juga,ka? :D #idem

    BalasHapus
  22. wah, saya sih udah sering kehilangan HP. maklum, itu karena ceroboh sih.
    jadi stlh khilangan, saya lbih hati2 lagi :)
    salam kenal ya..

    BalasHapus
  23. Ka meng-HILANG!!!
    hayo muncullah Kaaaaaa...,
    udah komen di tempat aku tapi belum update blog sendiri....
    Θ_Θ

    #oia aku sering banget kehilangan slayer. huuuhhh...
    ~gak nanya eaa? syalalalala, hehe

    BalasHapus
  24. bsk2 dompetnya kamu pakein rante aja hihihi

    BalasHapus
  25. Wah. selamat yah dah selesai kuliahnya... hmmm...

    BalasHapus

Silahkan berkomentar apapun. No Spam please! ^^