29 Maret 2011

Celoteh Weekend dan Golok Dogan

Siang ini aku cuma bisa ngelus dada sambil ngemut jempol ngeliatin cuaca di luar. GOD!
Panas banget Tuhaaaaaannnn....!! Photobucket
Gak tahan bo' keluar kantor buat nyari makan, tapi kalo gak keluar cacing di perutku dikasih makan apa? hikss...

Setelah dipikir-pikir, makin lama cuaca makin aneh ya, dulu aku inget betul dengan omongan guru disekolah, kalo musim hujan itu identik dengan bulan yang berakhiran -ber, kayak Oktober, Nopember, & Desember, terus kalo musim panas itu bulan-bulan kayak Maret, April, Mei, dll.
Bener sihh...tapi sekarang di bulan Maret, siang hari cuaca panaaasss naudzubillah, eh giliran sorenya hujan deresss...hadeeehh, ini musim apa jadinya ya?

okeh. di-Skip aja.
Sekarang aku mau cerita soal weekendku kemarin di Palembang.
Hem...aku baru nyadar sekarang, kalo tiap kali pulang Palembang, aku pasti keluyuran kemana-mana, gak mantep kayak kucing lagi beranak. Haha...
Ada-ada aja yang bikin aku keluyuran, entah mo ngambil duit atm, beli titipan, ke rumah temen...bla bla...intinya tiap weekend aku jarang dirumah! Tapi eiits, aku keluyuran masih inget waktu kok!

Dan mungkin karna udah kebiasaan keluyuran, minggu kemarin aku sempet mati kutu dirumah! Pengen keluar tapi gak tau mesti kemana.

Siangnya seperti yang aku bilang, cuaca panas banget kemarin. Nahh...biar ada alesan, aku pun keluar rumah buat nyari minuman, enaknya apa ya? ehmm...Es Dogan! heuuft....panas-panas minum es dogan, wuiihh...maknyusss!!kalo kak Gaphe bilang, Yumilah yumiwati, kalo Noell yang bilang, Dep sedeepp...!Hahaa...

Singkat cerita, panas-panas aku keluar rumah nyari Es dogan. Biasanya yang jual ada di Jalan Demang, ya...gak jauhlah dari rumah.
Gak lama jalan, ketemu juga deh tukang dogannya. Lagi parkir pinggir jalan, dengan mobil pick up bak terbuka, dogannya banyak banget uy!

Aku pun ikutan ngantri. But You know what, aku takjub liat penjualnya, seorang ibu muda dan anak laki-laki nya yang umurnya kira-kira 8/9 tahunan lah...

kenapa takjub, Ka??

Iya, kemarin aku langsung bengong ngeliat mereka. Gini, Kalo di warung-warung itu kan biasanya mereka udah nyiapin dogan dan es nya, trus tinggal diwadahin buat yang beli. Nah, kalo ditempat dogan yang aku beli ini, mereka ngupas dogannya langsung di tempat, pake golok/parang yang gede dan tajemnya amit-amit.
Dan, anak kecil yang aku liat itulah yang ngupasnya, Crash...crash...!

Widiiihhh....padahal dilihat dari badannya yang kecil kurus begitu, kasian banget dah liatnya. Mana hari lagi panas pulak...kebayang gak?!
Ibu nya juga lagi sibuk ngupas dogan dengan golok yang gak kalah gedenya.
Ini anak kecilnya
Gak jauh dari mereka, ada anak perempuan kecil, adeknya anak tadi kayaknya, lagi tidur dikursi sambil berteduh.
Waktu baru nyampe, untuk sesaat Aku cuma bisa bengong. Plisss....gak seharusnya mereka disini, gak seharusnya anak kecil itu megang golok, panas-panasan, dikerubungin banyak orang seperti ini...Aku nahan napas hampir di setiap kali anak itu mengayunkan goloknya ke Dogan, kalo telat sepersekian detik anak itu narik tanganya, golok itu pasti bakal mendarat dengan empuk di jari-jari mungil anak itu. Heuft!!!
Ibu dan anak kecil itu
 Aku jadi inget Aan, adikku yang lagi asyik maen dirumah. Ah...They should in their house now, enjoy their weekend.

Tapi ya mesti gimana, beginilah caranya nyari duit buat hidup ya.Kalo bisa memilih, pasti mereka gak mau susah payah kayak begitu.

Kalo sudah begini, terselip juga rasa syukur atas rejeki yang sudah kita punya. Di sisi lain, miris banget ngeliat anak-anak seperti mereka.

Aku pernah nulis soal anak-anak yang kerja jadi Ojek Payung, dan sekarang aku ngeliat lagi anak-anak yang kerja ngupas dogan, dan mungkin diluar sana ada lebih banyak lagi anak-anak yang bekerja lebih keras lagi dari mereka. Yeahhh... Actually, I hope No.

Enjoy this life !
With ♥,

33 komentar:

  1. wah es tegan yo .... didepan outletku ada yang jual.... murah 2000 segelas(gak nanya)hehehehe

    BalasHapus
  2. miris liatnya .... liat anak2 yang kerja kayak gitu... apalagi yang jadi korban eksploitasi. :(

    BalasHapus
  3. Luar biasa ya, anak kecil ithu...


    Saya baru dengar kata DOGAN, setelah lht2 foto, saya tw, ternyata DOGAN ithu kelapa ya...

    BalasHapus
  4. wah, kalo di jogja nyebutnya KELAMUD ato DEGAN.

    BalasHapus
  5. salut sama anak itu....klo dilihat banyak anak yang gengsi buat ngejalanin itu.... ya itu tadi klo gengsi mo makan apa... :)

    BalasHapus
  6. goloknya sakti bisa ngasilin duit!
    golokku suma tumpul aja

    BalasHapus
  7. oh, es dogan itu es kelapa muda ya?
    kesian banget liat anak itu, dia sekolah gak ya?

    btw, yumilah yumiwati n dep sedeep menjamur nih kayanya:D

    BalasHapus
  8. mas Arief bilangnya tegan, mbak Rezka bilangnya dogan. Aku kayak mbak Ami aja deh... di tempatku itu namanya Degan.

    BalasHapus
  9. kasihan banget anak itu, pastinya dia gak sekolah ya, malah sibuk bantuin ibunya cari uang.

    BalasHapus
  10. wah, bocah perkasa,,, aku kalo ngupas kelapa masih kalah ma ibuku, hahahaha

    BalasHapus
  11. waelah,,, thu anak kuat banget ya....
    anak yang berbakti, mau bantu ortu, tapi juga kasian...

    BalasHapus
  12. @Arief Bayoe Sapoetra, murah yaa...*gakpenting*
    haha

    @Noeel-Loebis, iy..ksian banget.
    :(

    @Mr TM & Ami, haha...iy.kelapa muda, ternyata tiap beda, penyebutannya beda2 yaaa :)

    BalasHapus
  13. @Yhantee, bener mb, kalo gengsi perut gk bs kenyang :P

    @pencari jejak, haha...djual aj :D

    @Nova Miladyarti, iya yaa...udah mjamur, nyebar virus aja tuh mereka! hehe

    @catatan kecilku, tiap tempat beda-beda y mb namany... :)

    BalasHapus
  14. @the other, gak tw jg mb.. :(

    @jejak langkahku, iy sha..

    @kira, sama dooong! :P

    @aina, iy mb, kasian banget, seumur gitu aku malah gak bisa bantu ortu apa2 :(

    BalasHapus
  15. hah,gue sedih banget liat gituan..gue aja udah besar gini,gak bisa kupas kelapa.GUBRAK..hehe

    BalasHapus
  16. Kecil gitu udah mahir ngupas kelapa? ck.ck.ck aku aja gak pernah... salut ya, kecil2 udah tau gmn ngebantu orang tua..

    BalasHapus
  17. sering melihat kesekeliling kita akan membuat kita menjadi pribadi yg blh bersyukur ya :)

    BalasHapus
  18. @kak i-one, jiah...sami mawon kak...cuma bisa minumny ja, hahaa

    @zasachi, iy za...salut sekaligus kasihan... -.-"

    @mb Senja, iy mb. Betul banget :)

    BalasHapus
  19. iya baru tau, Dogan itu kelapa muda yach hehehe......ditempatku juga banyak yg jual......

    iya suka miris kalo lihat anak2 yg masih kecil udah harus bantu orangtuanya cari uang....

    mbak, tukeran link yachhh...biar bisa sering2 kesini ehheh

    BalasHapus
  20. nama esnya aneh..:D
    krimin k mnadoo dnk k'rez:)

    BalasHapus
  21. yupyuuupppp ~~
    perbanyak bersyukur dan rajin kerja keraaas xD

    SEMANGAT!!

    BalasHapus
  22. hebat yah anak itu, masih kecil sudah pintar penggal kelapa, nanti kalau besar bisa pennggal kepala ..
    hahahaaa...
    salam kenal ..
    kalau ada kesempatan singgah di logku juga yah ..

    BalasHapus
  23. loh udah kerja toh?
    kirain masih kulian o_O

    btw blogmu rada berat nih klo dibuka.
    terlalu banyak masang script yak

    BalasHapus
  24. kasian, anak yang berbakti mw bantuin ibunya cari uang :( . btw salam kenal

    BalasHapus
  25. bener, kasian banget anak2 kecil itu..
    harus ikut kerja, harusnya anak2 seumuran mereka cuma belajar dan bermain..
    tapi mau gimana lagi.. kasihan juga orang tuanya mungkin terpakasa karena kebutuhan ekonomi..

    kapan ya negara kita ini mau mensejaterakan rakyatnya

    BalasHapus
  26. @Nia, tapi widgetny dah aku hapus, aku pasang d blogroll aja yah
    :D

    @Miss Nea Muslimovic, ukeh, dtunggu yaa..nanti aku kirim :P

    @Ipah, semangattt! :D

    @Rhyfhad, waaa...jgn jd pmenggal kepala! serem amat.
    ukeh. nanti dkunjungi balik :D

    @[, iy yaah...nati aku hapus b2rp deh :)

    @putri ayuningtyas, iyaaah.. :)
    salam kenal jg, mksh dh mampir
    :D

    BalasHapus
  27. @Geafry Necolsen, iyaah...sharusnya di umur segitu mereka mnikmati ms kanak2ny, ;(

    BalasHapus
  28. demi menolong keluarga dan nambah uang sekolah.

    inilah PR yang harus dikerjakan sama pemerintah. hayo !!! mana janji-janjinya dulu waktu kampanye

    salam kenal ya mba', nice blog ^_^

    BalasHapus
  29. meski masih anak-anak tapi kewajiban membantu orang tuanya hebat yah.. belajar dari dia, mau membantu ortunya.

    dilain sisi, bisa bersyukur bahwa kita nggak perlu kerja keras seperti anak itu untuk ngupas kelapa.

    BalasHapus
  30. jadi pengen minum air kelapa...hiks haus ..

    BalasHapus
  31. waaahh,, masih bocah, tapi dah kerja..hebat..

    kalo soal degannya..ntu mah namanya pres prom de open..maknyuss

    BalasHapus
  32. itu pasti anak ajaib yaaa
    Hahahahaaa

    BalasHapus

Silahkan berkomentar apapun. No Spam please! ^^