12 Maret 2012

#58. Belajar dari Kasir dan Martabak

Bismillah

Masih seputar cerita kemarin. Selain kejadian hilang sesaatnya Miobi, kemarin aku ngalamin 2 kejadian yang lumayan kontras. Sedikit berbagi, mungkin ada juga temen-temen yang pernah ngerasainnya juga ˆ⌣ˆ

Yang pertama waktu selesai belanja di supermarket, dan nyari-nyari antrian kasir yang sepi. Syukurlah ketemu, padahal waktu itu kebeneran malam minggu, kebayang kan gimana rame nya mall saat itu, apalagi baru sebentar berdiri dibelakangku sudah berderet orang ikut ngantri.

Mbak yang jagain kasirnya masih muda, sekitar 20 tahun-an. Lumayan ramah nih, itu yang aku pikirin waktu liat mbak itu. Dengan gesitnya satu persatu belanjaanku dihitung dan dimasukkan ke plastik. Setelah total dibayar, aku baru sadar kalo plastiknya kekecilan,

"Mbak, boleh minta 2 plastik lagi??"

Mbak itu mengiyakan, sambil ngasih kembalian uang ia juga ngambil plastik baru, dan bruk..ditaruh begitu saja di atas belanjaan tadi, terus belanjaanku dibiarin sama si mbak yang mulai ngelayanin yang lain. Looooh kok???ditinggalin??

Masih di meja kasir itu, pelan-pelan aku nyusun ulang belanjaan sambil manggil mbaknya bisa ikut bantuin, tapi si mbak malah cuek..woalahh, kayaknya kesan ramah yang tadi mesti dihapus deh.
*ngehelanafas*

Kejadian kedua waktu nyari martabak titipan ayah. Kalo soal martabak di Palembang, menurutku yang enak itu adanya di jalan Kol. Atmo, tapi karna takut kemaleman akhirnya aku putusin nyari martabak di jalan pulang. Walaupun rada males juga kalo mesti beli yang belum tentu enak, jadi inget iklan tipi ; buat perut ngapain coba-coba?
ˆ⌣ˆ

Enggak lama nyari ketemu juga gerobak martabak pinggir jalan yang lumayan rame. Rame bisa berarti enak. Jadilah aku ikut ngantri, dan duduk manis nungguin.

Eh, ternyata lama juga. Daripada bengong, aku mampir ke toko disampingnya dan pas balik, masih belom masak juga. Hadoooh! Beberapa kali si Bapak minta maaf karna aku mesti nunggu lama.

Yang bikin martabaknya 3 orang-si bapak, dan 2 anak laki-lakinya. Naaah, yang masak itu anak yang lebih tua dan yang kecil bagian potong-potong dan ngebungkusin, si bapak?? Sekedar bantu sana-sini dan nyiapin kotak. Kayaknya si kecil potong martabak masih belum ahli pake pisaunya. Ngeliatnya jadi gemes juga, padahal yang ngantri banyak dan seharusnya bagian itu bisa di ambil alih si Bapak atau kakaknya. Dan seandainya si Bapak yang ngerjain salah satu kerjaan si anak, mungkin bikin martabaknya jauh lebih cepat.
Tapi tidak! si Bapak malah ngasih kepercayaan penuh ke anak-anaknya untuk pekerjaan itu, enggak sedikitpun ngeluh atau komplain, justru beliau dengan tekun merngarahkan mereka. Si anak-anak pun jadi semangat bekerja.

Begitu berartinya sebuah kepercayaan, apalagi kepercayaan itu datang dari yang kita sayang, orang tua misalnya...it's priceless, rite??

Enggak lama pesenan martabakku akhirnya jadi juga. Beda dengan kejadian sebelumnya, si kecil balikin uang kembalianku dengan 2 tangannya sambil senyum, senyum yang dimataku terlihat...sangat tulus,

"Terima kasiih kak" ucap si anak itu.

Kalimatnya pendek, perlakuannya juga sederhana, tapi it's really mean, begitu membekas positif. Langsung di benakku mikir, martabaknya bakal enak nih, dan besok-besok bakal beli disini ajalah, insya allah.

***
Dari kejadian diatas, terlihat sedikit perbedaannya kan?? Bagiku, pembeli bukan raja yang mesti disanjung tapi bukan berarti tak ada penghargaan bagi pembeli, iya toh? ˆ⌣ˆ
Pembeli dan penjual sama-sama memiliki kepentingan, jadi lebih enak disebut partner kerja yang saling membutuhkan dan menghargai, kalo sudah gitu bakal tercipta hubungan harmonis deh.

Kejadian pertama mungkin si mbaknya lagi capek makanya gitu, tapi enggak dipungkiri kejadian itu jadi memberi kesan buruk. Beda jauh dengan yang nomor dua, kalo kita diberikan kesan baik kita akan merasa dihargai dan mungkin bakal balik beli lagi.
Memang ada sih pembeli yang ngeselin, tapi kalo penjualnya ramah dan sabar, siapa sih yang masih tega nyusahin penjual?

Uhm...jadi pelajaran, besok-besok kalo jadi bikin usaha berarti mesti ada penghargaan buat pembeli, biar tercipta kesan positif. Betul-bener-betul??

"Perlakukan orang lain sebagaimana engkau ingin diperlakukan" *lemparponi ˆ⌣ˆ

Enjoy this life!

26 komentar:

  1. setuju...ngomong2 martabaknya enak gak?

    BalasHapus
  2. widiw bener banget tuh, kak. Disini (jakarta) yang laris emang yang ramah, kadang yang rada gitu gitu itu bosnya >,<.
    Memang kalau prinsip berbisnis musti gitu sih, lihatin juga warung warung sekitar, si penjual rokok. Kenapa juga rada ramai, karena emang ngejual ramah(walau yang dijual remeh) :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh bener jg, kalo ramah mah pasti laris ya..
      =D

      Hapus
  3. Mba2 itu lagi PMS kali hihihi
    melatih kesabaran kamu juga ya ka :D

    BalasHapus
  4. setuju, emang kalo di mall ( tempat gue gak ada mall, adanya indomarah ) sering begitu, tapi kalo yang jadi karir laki-laki jarang cuek. Malah biasanya ramah.
    Martabak...? Makanan apa itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu gak tau martabak???*nepokjidat
      beneran??

      Hapus
  5. wuiiihhhh~ yuk yak yuuukkk~
    kalau kita senyum, orang lain akan lebih tersenyum :)

    BalasHapus
  6. Betul sekali sob, kalo mau bikin usaha yang harus diutamakan adalah kepuasan pelanggan :)

    BalasHapus
  7. yang si emba kayana bener kata ente, munkin cape dia. jadinya jutek, atau mungkin dia abis dimarahin atau bisa jadi lagi ada masalah pribadi jadinya marahnya kesannya sama sista. klo yang no 2 emang penting arti sebuah kepercayaan. itu membuat kita bisa bertindak sperti yang kita mau. dalam buku maxwel seorang harus bisa memberikan bawahanya sebuah kepercayaan, dan lihat apa yang terjadi. si bawahan akan memberikan hasil yang terbaik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bisa jadi...ato mungkin lagi laper kalii
      hehe

      Hapus
  8. Si penjual martabak itu sangat menghargai rezeki makanya sikapnya sangat penuh syukur dan menghargai pembeli, beda sama si mbak kasir yang mgkn kurang menikmati capeknya melayani pembelli, mknya rada dicuekin gitu ka...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mesti bnyk" bsyukur, jd bs punya pribadi yg baik
      betul gitu kan?
      =D

      Hapus
  9. Wah ada pelajaran yang bisa dipetik...

    BalasHapus
  10. hidup memang ada timbal baliknya :D

    BalasHapus
  11. lah, mbak2 kasirnya itu ajaib, kesan pertama nya ramah, euh bisa langsung berubaaahhh euyy...
    hohohohoo...

    saya jd senyum2 sendiri ngbayanginn ekspresi si adik kecil penjual martabak,mb'

    wah, trnyta jgn trlalu percya kesan pertama ya mb' y :D .. :D

    BalasHapus
  12. Martabak di kol Atmo yang di samping Pulau Mas Plaza itu ya?

    Kalo kata pepatah Cina, kalo gak bisa senyum, mending jangan buka warung :D

    BalasHapus
  13. sederhana tapi membekas
    lumayan bewe sore-sore dapet nasehat yang bijak...
    lam knal,...
    :) :) (smilenya 2 kali biar kamu tau aku tulus hihi)

    BalasHapus
  14. belum sempat baca tapi saya kunjungi rutin

    salam kenal kaks

    BalasHapus
  15. thankz octarezka for visiting blpog of mine...

    Postingan mu bagus... jadi pelajaran
    kadang kita sering judes ma orang...
    Padahal kita sendiri juga ga suka dijudesin...
    mulai sekarang pengen jadi orang yg lebih nyenengin
    insya Allah

    BalasHapus
  16. Aku pasti juga akan terkesan jika penjual mau melayani kita dengan baik dan ramah. Penjual2 yang sikapnya kurang ramah membuatku jera dan malas utk datang lagi... hehehe

    BalasHapus
  17. harus simbiosis mutualisme dong :D
    hmmmm. . .ada hadist yang mengatakan "tidak akan disayangi orang yang tidak menyayangi"

    mantaaaaap :D

    BalasHapus
  18. senang kalau kita menemui penjual yg ramah

    BalasHapus

Silahkan berkomentar apapun. No Spam please! ^^