09 Februari 2012

#39. Menulis vs Berbicara

Bismillah

Bad news. Komputer tempat aku biasa nge-blog di kantor mati total. Bener-bener gak bisa di hidupin atau dipake nge-blog. Jadinya, ada beberapa ide tulisan batal aku tulis. Mau gak mau, ngeblog lewat handphone yang layarnya aduhai kecilnyaa. Oh ribet (╥﹏╥)

***
Menurut kalian, lebih mudah mana? Berbicara atau menulis???

Kalau bagiku enggak ada yang mudah, terkadang berbicara memang lebih mudah, kalau sudah ngomong semua hal bisa dikeluarin dengan lancar. Kalau nulis kadang ribet mau mulai darimana. Tapi kayaknya aku lupa, aku lancar ngomong kalo lagi ngobrol atau malah lagi nge-gosip abreng temen ala ibu-ibu arisan. Halah!

Di kelas public speaking minggu kemarin, kami diminta untuk maju satu-persatu kedepan untuk cerita apa saja. Kami di tes kemampuan bicara depan orang banyak. OMG! Nervous sangat. Kalo soal begini aku mudah gugup. Bukan cuma gugup liat berpasang-pasang mata yang ngeliatin tapi juga aku gak tau mau cerita apaaa!?.

Bingung dan grogi tingkat dewa waktu nentuin mau cerita soal apa.Mo cerita identitas pribadi kok berasa melamar kerja, mo cerita horor ntar malah merinding sendiri, mo cerita lucu ntar malah garing, hadooooh. Akhirnya aku putusin ngambil tulisan di Blog dengan judul ini. Enggak tau juga bakal menarik atau enggak, yang pasti aku menantang diriku sendiri untuk membawakannya semenarik mungkin agar para pendengar tertarik atau bahkan mungkin tertawa.Huee...

Bagi kalian mungkin bicara didepan umum sudah biasa dan gak bikin gemeter seperti ini. Tapi bagiku, bicara hal pribadi didepan orang banyak bukan cuma bikin gemeter, tapi bikin nafsu makan meningkat #plak
Siswa di kelas cuma 15 orang sih. Meski sedikit tapi sukses bikin aku grogi. Oh God...make time goes fastly pleaseee...

Yang tampil sebelum Aku bagus semua, mereka PD dan enjoy dengan cerita mereka. Aku?? Parrraaahhhh. Ketika 5 menit pertama Aku cerita semua mata fokus memandang (halah), mereka konsen dengerin aku cerita. 3 menit selanjutnya aku masuk ke inti cerita dan semua mulai pasang tampang 'penting ya cerita beginian?', ini sukses bikin aku makin grogi dan suara makin kacau. Alhasil ketika sampe ke klimaks cerita, semua bengong dan diem. No Expression at all. Enggak ada yang senyum atau sedikitpun ketawa. Datar, hampa, garing. Arrgghhhh....jadi pengen makan bakso 3 porsi...! (╥﹏╥) 
Setelah selesai aku di tegur guru pembimbingku, katanya aku bicara terlalu cepat, jadinya pendengar baru mau cerna satu cerita aku sudah mulai lagi. Oohhh begono tooh....

yaa...namanya juga belajar ya, mesti salah dulu.
***
Berbicara sama menulis sama-sama susah-tergantung situasinya. Tiap orang dikaruniai bakat beda-beda. Ada yang punya bakat bicara yang bisa jadi pembicara atau orator, di lain pihak ada yang mampu merangkai kata-kata menjadi sebuah tulisan yang indah. Aku dan kalian dibidang mana?

Aku percaya, tiap orang punya kemampuan menulis dan berbicara sama-sama baik, tinggal di asah aja. Biar tajam dan makin ok.

Enjoy this life!

17 komentar:

  1. toss dulu ah mbak, aku juga belum terbiasa bicara didepan banyak orang

    BalasHapus
  2. wah masih mending bro! Komputer mati sementara. Lha gue mati terus jadi terpaksa di HP dan di sekolah kalo gak ada guru.

    BalasHapus
  3. enakan nulis he he he-----

    BalasHapus
  4. udah ceritanya???
    segitu saja???
    apa sih??
    kenapa??

    ahahahahahahaha :p

    BalasHapus
  5. banyak yang bisa menulis tapi sedikit yang mau membaca...

    sebagian orang lbih nyaman menyampaikan isi hatinya lewat sebuah tulisan dibanding dengan ungkapan bicara,

    BalasHapus
  6. Kalo buat gua pribadi sih lebih gampang bicara, soalnya bisa dibantu dengan gestur2 tubuh...

    BalasHapus
  7. menurutku aku menulis itu lebih berguna dibanding berbicara,
    tapi kalau menulis memang bingung menentukan alur,tema,kesimpulan & pesan yg ingin disampaikan

    BalasHapus
  8. aku juga grogiannya alamak kalo di depan banyak orang, tangan keringat dingin, ngomong nggak jelas... hadouh... malu-maluin...
    sepertinya kemampuan berbicaraku mesti di asah deh...
    hehehe

    BalasHapus
  9. kalo saya sih tergantung konteksnya.. untuk sesuatu yang butuh dipikir lebih enakk kalo ditulis. cuman kalo yang spontan sih lebih enak buat ngobrol.. no pretending

    BalasHapus
  10. ehhe, ane mungkin 25% menulis 25% berkata 50% diam huwakakka.
    semangat kakak buat belajarnya musti diteror gagal dulu tuh baru entar bisa :D

    enjoy this life :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau aku mah lebih sukaan nulis daripada berbicara...............xixiix
      salam hangat dari blue

      Hapus
  11. nah ini, ciri orang yg semangat tinggi, gak masalah dong kalau pertama nya grogi, asalkan nantinya kalo sudah kebiasaan jangan malah gila panggung, hehe :D

    semangat :D

    BalasHapus
  12. Saya lebih suka bicara lewat tulisan dibanding lisan, makanya saya ngeblog :)
    Kalo lewat lisan suka belepotan, tapi kalo nulis lebih tertata ...
    ^__^

    BalasHapus
  13. bicara itu sdh kita pelajari sejak balita baru kemudian menulis :) tapi bicara lebih membutuhkan mental yg kuat dibanding menulis. Bagi karyawan sptmu harus menguasai 2nya so selamat belajar bicara didepan umum hehehe

    BalasHapus
  14. bicara itu sdh kita pelajari sejak balita baru kemudian menulis :) tapi bicara lebih membutuhkan mental yg kuat dibanding menulis. Bagi karyawan sptmu harus menguasai 2nya so selamat belajar bicara didepan umum hehehe

    BalasHapus
  15. penyakit demam panggung aq mulai dr SD.., sampe skrg pun masih lestari heheh., jadi aq milih 'Menulis lebih Mudah'.., tentux masing2 org beda2..., nice share & bikin aq senyum *smile

    BalasHapus
  16. kalo nulis bisa yang bikin merona
    kalo ngomong cuma bisa diam
    :D ahahahahaha

    BalasHapus

Silahkan berkomentar apapun. No Spam please! ^^