23 Februari 2012

#46. Celoteh Malam : Nepotisme (?)

Bismillah

Dari semua tes yang aku ikuti untuk dapet kerja yang sekarang, tes wawancara-lah yang bikin keringet panas dingin, dari mulai grogi karna pertama kali ikut tes, takut ketemu sama yang wawancara, sampe bingung nyiapin perkenalan yang yahuud itu yang bagaimana. Bener-bener nervous tingkat nasional ui! #halah

Beberapa hari sebelum tes, seorang kerabat Bapak bilang gini:
 "Nantiii, kalo yang wawancaranya nanya apa ada keluarga yang kerja di perusahaan ini apa enggak, bilang aja ada. Sebutin nama Om Phong (nama samaran), dia temen Oom dan kerjanya di Cabang"

 "Kok?ngomong kayak itu emang biar napa Om?"

 "Udahlah, pokoknya kalo dia nanya bilang aja gitu"

Demi apapun, waktu itu aku masih gak Ngeh bin gak tau bin gak ngerti maksudnya apa, jadi ya nurut ajah. Dan ternyata emang bener ditanyain, ya udah aku jawab aja seperti yang udah di ajarin.
Ketika udah wawancara baru aku dikasih tau, katanya kalo ngomong punya kerabat yang juga kerja diperusahaan yang sama, maka kesempatan diterimanya bakal besar. Apalagi kalo kerabatnya itu punya jabatan penting di perusahaan, wiiih...bisa-bisa langsung ACCEPTED!

Dan beneeer, setelah diterima aku jadi tau kalo beberapa temenku ada yang begitu, diterima karna dia anak/ponakan/adik atau malah pembantunya si Bos #nepokjidat

Kalo kamu, Ka??
Nah ini nih, aku gak tau apakah mereka nerima aku karna pengaruh nama si Oom Phong tadi apa bukan. Kalo pun emang bener gara-gara itu, demi ubur-ubur aku enggak ada niat sama sekali jual nama orang lain biar dapet kerja. Beneran.
Anggap aja ini sebuah keberuntungan karna aku masih lugu waktu itu (•̯͡.•̯͡)
Tapi kayaknya emang aku-nya yang berkualifikasi deeeh #eaaa...lemparponi#

***
#nghela nafas.

Dan kejadian berulang lagi, di beda tempat, beda orang dan beda kasus. Kali ini bukan karna 'nama' yang bisa bikin dapet posisi, tapi lebih karna gelar dan suku. Beruntung yang punya tambahan gelar 'ES' di-namanya, bakal dikasih posisi yang OK. Apalagi kalo sedaerah dengan si Bos, wah bakal dapet perhatian yang lebih. Yang bukan??uhukk..bukan gak diperhatiin, cuma diminta agak minggir sedikitlaahh.

Dan beruntungnya aku dan temen-temen belum punya gelar 'ES' di nama dan bukan berasal dari suku mayoritas di Indonesia (suku apa yaa?), gawat kalo keduanya terpenuhi, bisa-bisa jadi pejabat termuda nih *nyengir*

Eh yang beginian apa namanya, uhm.. Nepotisme ya?

Yang kayak ini nih, bukan barang baru dan aku pikir dimanapun pasti ada, kecil maupun besar. Bener gak? Kalian pernah ketemu juga??

Karna embel-embel 'dia itu....' maka si dia lebih dapet kesempatan. Adil?? Ya enggak dong ya. Lepas dari itu, seharusnya jangan cuma diliat dari 'dia siapa' tapi liat juga kualifikasinya apakah cocok dapet kesempatan atau enggak. Kalo si dia mampu alhamdulilah yaa, kalo enggak ya ngapain dipaksain, entar malah jadi gak bener gimana??terus bikin rugi orang lain gimana??

Naah, kalo sudah soal bikin orang lain merugi apalagi sudah menyangkut isi periuk orang lain, itung-itungan sama yang Maha Penguasa ada loooh.

#nghelanafas

Mari introspeksi..semoga kita dijauhkan dari sifat yang begitu, aamiin berjuta-juta

Enjoy this life!

20 komentar:

  1. wkwkwkwk, yang masih polos aku. . .ku . . Akkk ku. . Gak percaya #jedotin ke kasur

    BalasHapus
  2. Setauku sih kalau ada kenalan yang sudah kerja, minimal bisa dijadikan referensi jan jika terjadi apa2, lebih mudah untuk menelusuri asal usulnya.
    Tapi emang sepertinya nggak adil :)

    BalasHapus
  3. aku percaya kok kalo mbak nggak main nepotisme2an...
    hihihi, tp lucu jg yah
    apa si pewawancara nggak ngeh kalau yang mbak sebutin itu nama samaran?

    BalasHapus
  4. baca dulu. . .
    trus tidur. . .
    oyasumiiiiii

    BalasHapus
  5. gak heran sih rez kayak gtu emang biasa di tmpat kerja lebih diutamakan yg punya referensi orang

    BalasHapus
  6. salam kenal,kebanyakan tempat cari kerja emang begitu
    harus ada orang dalamnya
    haha sok tau saya

    klo ada waktu main ke alamat ku ya

    BalasHapus
  7. wah wah ntu namanya prusahaan keluarga. . . . . .

    BalasHapus
  8. kalo aku dulu jg disuruh sebutin nama om ini dan om itu supaya lulus dan nggak aku sebutin. lulus jg kok. hehehe. kalo emang rejeki disitu, mau sebutin ato ngga pasti dapat loh..

    BalasHapus
  9. Aku waktu wawancara dulu gak ada ditanyain soal punya kerabat atau gak di sini. Dan setau aku, gak ada temen yang ditanyain kayak gitu, wong yang wawancara dari pihak konsultan, yg dr perusahaannya sendiri cuma 1 orang. Dan syukurlah, walo gak punya kerabat satupun di sini tapi tetep keterima :)

    O ya, salam kenal ya.. Kalo boleh tau, -Ka angkatan berapa dan ditempatkan di unit mana nih? *lha, kok malah jadi wawancara :D*

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pembangkitan mbak
      =D
      keterima 2009 kmaren

      kmrin ditanyain gitu...beberapa temen jg dtanyain, tapi mungkin krn kami pnerimaan daerah kali ya, bukanny pusat
      =)

      Hapus

Silahkan berkomentar apapun. No Spam please! ^^